Tuesday, August 18, 2015

Pilkada Maluku Tengah 2017 dan Resolusi Pemilih Cerdas


Pilkada Maluku Tengah 2017 dan Resolusi Pemilih CerdasTak terasa perhelatan akbar sudah diambang pintu, memasuki tahun 2017 adalah tahun dimana penilaian segelintir masyarakat Maluku Tengah sebagai tahun yang memiliki tensi yang sangat tinggi, dalam menyikapi pemilukada atau pemilihan kepala daerah di kabupaten Maluku Tengah terkadang politisi tingkat elit sangat rasional dan kalem dalam menyikapinya, namun jika kita menoleh kebelakang banyak masyarakat menjadi korban dikarenakan strategi politik yang dimainkan oleh top leadership. Iming -iming penerapan demokrasi yang baik dan benar masih jauh dari kesempurnaan, imbas dari penerapan demokrasi yang buruk oleh para elite politik mengakibatkan kesengsaraan yang berkepanjangan, alih- alih ingin memperoleh dan memenanngkan pucuk pimpinan Malteng membuat segala cara dihalalkan. Pilkada Maluku dan Maluku Tengah khususnya suara pemilih sangat berperan penting dan dapat berimplikasi terhadap kemajuan Maluku Tengah 5 tahun mendatang. Sadar dan tidaknya warga Maluku Tengah, mereka memiliki andil besar terhadap perubahan di Maluku Tengah. Dengan demikian maka kualitas pemilih yang berintelek dan idealislah yang mampu melahirkan pucuk pimpinan Maluku Tengah yang mumpuni. 

Fenomena yang berkembang saat momentum perhelatan akbar di kabupaten yang kita cintai ini, masih banyak terjadi aplikasi politik di luar kaedah perpolitikan yang seharusnya, tanpa disadari kronisnya kondisi tersebut mulai menggerogoti dan memudarkan dasar demokrasi. Bila tiba momentum pilkada banyak masyarakat yang beranggapan telah tiba retorika bulshit dan janji palsu serta momentum merauk keuntungan, karakteristik dan pemikiran masyarakat ini merupakan akumulasi dari ketidak amanahnya calon pemimpin setelah duduk di singga sananya.

Sebagai masyarakat yang cinta akan Maluku Tengah kita seharusnya mengawal dengan baik tahapan pilkada hingga selesai, KPU dan jajaran PANWASLU sebagai penyelenggara memiliki keterbatasan dalam hal penyelenggaraan, dengan demikian jika anda bercita-cita sama yaitu ingin agar Maluku Tengah berkembang pesat dalam berbagai bidang, maka proses tahapanlah yang harus dikawal dengan baik, agar melahirkan pemimpin yang jujur, adil dan amanah. 

Selain proses tahapan yang butuh pengawalan ketat, kecerdasan pemilih merupakan faktor penting dalam hal penentuan sikap untuk menjatuhkan pilihan. Disadari bahwa pemilih yang cerdas adalah pemilih yang sebelum menjatuhkan pilihan, telah benar-benar mengetahui konsekwensi terhadap pilihan yang iya jatuhkan. Kecerdasan ini ditandai dengan ditnggalkannya rasa iba akan kedekatan dengan beberapa calon serta membuang segala bentuk katerkaitan latar belakang dengan calon serta mengkaji secara dalam program usungan yang dipaparkan oleh calon-calon Bupati Maluku Tengah. Pengkajian juga harus didalami lebih jauh, dikarenakan karakteristik pribadi calon juga merupakan penentuan dalam mendorong upaya pelaksanaan program usungannya.

Paparan singkat resolusi menjelang PILKADA Maluku Tengah di tahun 2017 mendatang....!

Demokrasi cacat akan membuahkan
Pemimpin dan Pemerintah yang cacat

Semoga dengan tulisan ini dapat melahirkan Pemilih Maluku Tengah yang MERDEKA dari Intervensi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon