Wednesday, August 5, 2015

Sekilas Permainan Anak Maluku Enggo Basambunyi

Tags


MALUKU MenulisBagi anda yang semasa kecil di maluku mungkin sudah pernah mendengar dan bermain permainan Enggo Basambunyi. Masa kecil di Maluku juga tidak kalah asiknya dengan di daerah lain di indonesia.

Permainan Enggo Basambunyi atau biasa disebut dengan petak umpet merupakan permainan turun temurun yang diwariskan dari generasi ke generasi di Maluku, semasa kecil anak-anak di Maluku banyak yang menggemari permainan Enggo ini, selain mudah dimainkan permainan Enggo juga bermakna dan memiliki nilai pembelajaran, dengan memainkan permainan ini anak secara tidak langsung mulai berlatih disiplin, bekerja keras, bersosialisasi dan membina kebersamaan.

Ilustrasi permainan Enggo yaitu pemainan yang bisanya dimainkan oleh beberapa orang anak, sebelum memulai Enggo biasanya mereka terlebih dahulu melakukan suteng dalam bahasa ambon atau indonesianya suit, jika setelah melakukan suit maka anak yang kalah suit akan mendapat hukuman untuk mencari teman-temannya yang bersembunyi disekitar tempat permainan mereka.

Sebelum melakukan pencarian biasanya anak yang kalah suit akan membelakangi teman-teman yang lainnya sambil menutup mata. Kemudian memulai berhitung sampai hitungan ke 10 di barengi dengan teman-teman yang lainnya bersegera untuk mencari tempat persembunyian. Bila sampai pada hitungan ke 10 Maka anak yang bertugas mencari akan melakukan pencarian.

Demikian sekilas permainan Enggo Basambunyi, semoga bisa mengenang sejarah masa kecil kita. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon