Minggu, 03 April 2016

Miris..! Lautan Kota Ambon di Penuhi Sampah

Miris..! Lautan Kota Ambon di Penuhi Sampah

MALUKU Menulis - Hasil perbincangan kami dengan salah satu aktifis kota Ambon sekaligus Pemerhati lingkungan di kota Ambon "Morsal". Ia menyampaikan keprihatinannya terkait persoalan sampah yang melimpah di laut kota Ambon pada saat musim penghujan tiba.

"Musim penghujan di kota ambon adalah musibah bagi laut teluk dalam kota Ambon, banyak sampah bertebaran dilautan. Sampah yang dibuang oleh masyarakat di sungai Desa Batu Merah setiap harinya berasal dari kegiatan pasar, rumah tangga, dan industri. Sampah yg paling banyak dijumpai di daerah pantai adalah sampah plastik, ini pemandangan yang sangat memilukan" Tuturnya (01/04)

Menurut dia, Bertambahnya sampah ini sejalan dengan perkembangan pembangunan perumahan rakyat, dan industri di sekitar wilayah sungai. Permasalahan sampah dimulai sejak meningkatnya jumlah manyarakat penghasil sampah, dengan semakin padatnya populasi penduduk di bantaran sungai area desa Batu Merah.

Morsal mengatakan, Penyebab bertumpuknya sampah di wilayah pesisir laut kota Ambon menurut Morsal disebapkan karena kurang adanya kepedulian masyarakat mengelola dan membuang sampah pada tempatnya. Perilaku membuang sampah sembarangan, keengganan untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan sering kali berdampak buruk bagi ekosistem laut di wilayah pesisir pantai, dan musibah banjirpun bisa saja terjadi jika adanya penumpukan sampah secara masal bila terjadi penyumbatan oleh tumpukan sampah di daerah aliran sungai. Kebiasaan membuang sampah sembarangan dilakukan hampir di semua kalangan masyarakat, tidak hanya warga miskin, bahkan mereka yang berpendidikan tinggi juga melakukannya. Ini sangat menyedihkan karena minimnya pengetahuan tentang sampah dan dampaknya.

"Perilaku buruk ini semakin menjadi karena minimnya sarana kebersihan yang mudah dijangkau oleh masyarakat di tempat umum. Selain itu kurangnya penanganan pemerintah terkait tata kelola sampah mengakibatkan sampah di teluk kota ambon menjadi permasalahan yg sangat rumit ditingani. Pemerintah kota ambon harus melihat hal ini. Karena dampak dari sampah sangat membahayakan ekosistem laut" Imbuhnya (01/04). MHS
Tidak ada komentar:
Write komentar