Friday, May 20, 2016

Lima Balon Wawali Ambon Gagas Koalisi Besar

Wattiheluw dan Empat Balon Wawali Gagas Koalisi Besar

Malukumenulis.com, Ambon - Pesta demokrasi lokal lima tahunan di Ambon memasuki babak baru. Lima bakal calon wakil walikota masing-masing Saleh Wattiheluw, Irma Betaubun, Ridwan Marasabessy, Mus Mualim, serta Risal Sangadji menggagas koalisi besar. Jika salah satu diantara kelimanya berhasil lolos dan digandeng Cawali, maka keempatnya akan memberikan dukungan penuh. Pertemuan  itu berlangsung di Mac Cafe (19/5/16).
    Baca Juga :
"Kelima kandidat balon wakil walikota ini telah bersepakat untuk mengikut pada keputusan survei. "Jika salah satu kandidat dari kami, surveinya lebih tinggi maka kami akan mendukung salah satu kandidat tersebut". Tutur mereka.

Menurut Irma Betaubun, pertemuan kelima Balon Wawali ini merupakan gagasan bersama. “Silaturahmi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kelima kandidat, jika nantinya salah satu terpilih maka yang lainnya akan mendukung", ujarnya.

Pernyataan senada dikemukakan Saleh Wattiheluw. Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) itu menambahkan, persaingan menuju perhelatan di Kota Manise tersebut, utamanya di wakil walikota begitu ketat. Sekalipun demikian, pihaknya tetap menjaga hubungan baik. Disisi lain, mantan legislator Maluku itu meyakini diri, pertemuannya dengan ke empat rekannya sesama Balon Wawali Ambon tetap dalam etika dan terbingkai dalam tatanan berdemokrasi.

Wattiheluw menambahkan, koalisi yang mereka bentuk tersebut sangat mulia. “Mulia karena, kami memiliki kesamaan pandangan bersama walikota, mewujudkan masyarakat Kota Ambon yang lebih baik,” urainya.

Sementara itu, Ridwan Marasabessy mengemukakan, koalisi yang mereka bentuk sebagai bukti, kesungguhan bertarung dalam Pilwalkot Ambon. mereka tidak main-main maju sebagai calon wakil walikota. “Sekiranya diantara kami berlima ada yang dipilih, yakinlah kami akan bahu membahu berjuang untuk menang,” tegasnya.

Hal ini dipertegas oleh Mus Mualim. Menurutnya, pertemuan tersebut, tidak sekedar  merupakan budaya baru dalam dunia politik, melainkan menunjukan hubungan yang positif bagi masing-masing kandidat. Karena setiap kandidat memiliki kapasitas yang mumpuni dan layak untuk diperhitungkan.  Mus menambahkan, pihaknya akan menyodorokan konsep yang mereka miliki. Ia meyakini, konsep yang nantinya mereka berikan kepada calon wawali nantinya sangat membantu untuk membangun Ambon bagi kemaslahatan seluruh masyarakat.

“Ruang komunikasi kami berlima terbuka lebar. Apa yang kami gagas dan wacanakan sebagai upaya menghindari konflik yang akan berimplikasi ke masyarakat,” ujar Risal Sangaji. (MHS)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon