Sunday, May 15, 2016

Sambut Hari Pattimura, Said Perintah-Pariwisata Malteng Gelar Sejumlah Lomba

Sambut Hari Pattimura, Said Perintah-Pariwisata Malteng Gelar Sejumlah Lomba

Malukumenulis.com, Saparua - Menyongsong peringatan hari Pattimura ke-199, 15 Mei 2016, kampus Sekolah Tinggi Said Perintah Masohi, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Maluku Tengah menggelar sejumlah lomba. Diantaranya, lomba baris berkreasi (baris empang), lari maraton 10 km, jalan cepat, dan lomba dayung. Kegiatan yang belangsung di tanah kelahiran Pahlawan Pattimura, dibuka Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L Leleuri. Saat pembukaan Wakil Bupati didampingi Ketua Sekolah Tinggi Said Perintah, Dr. H. A. Wattiheluw, S.Sos, M.Si. Sabtu, (12/05/2016)

Setiap negeri di dua kecamatan, Saparua dan Saparua Timur, turut mengikuti dan memeriahkan hajatan yang bertujuan mempererat tali silaturahmi di negeri-negeri adat di pulau Lease itu. Antosias warga sangat besar, membuat perlombaan semakin meriah.

Kegiatan ini diharapkan menjadi agenda tetap setiap tahun. Selain tidak melupakan jasa-jasa besar Pattimura dan kawan-kawan memerangi penjajah di tanah Saparua pada tahun 1817, sekaligus sebagai langkah strategis memperkenalkan sektor pariwisata Maluku Tengah. Sebab, jika pariwisata bekembang, tentunya berdampak positif bagi sektor lainnya. Dengan demikian, tingkat penghidupan masyarakat meningkat.

Menurut Kapala bidang Seni dan Budaya Dinas Pariwisata kabupaten Maluku Tengah Rat Sopamena, sebagai penangggung jawab kegiatan menuturkan, Perlombaan ini dipusatkan di Kecamatan Saparua. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT patimura ke-199 oleh dinas pariwisata dan memperebutkan piala SAID PERINTAH. Kegiatan ini merupakan stimulun bagi kegiatan-kegiatan selanjutnya, dalam upaya memperkenalkan warisan budaya lokal Maluku khususnya Maluku tengah.

"Seperti diketahui, lomba-lomba ini digelar sekaligus Peringatan hari Pattimura dialihkan dari Ambon ke Saparua oleh Karel Albert Ralahalu mantan Gubernur Maluku. Salah satu alasannya, tentunya sangat berkaitan dengan suasana kerahiman masyarakat, yakni menjunjung tinggi Kapitan Pattimura yang lahir dari tanah Saparua" Tuturnya. (MHS)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon